Rabu, 30 Januari 2013

Animo peserta Jamsostek Malang


Respons tenaga kerja peserta Jamsostek yang ingin mendapat program Pinjaman Uang Muka Perumahan Kerjasama Bank (PUMP-KB) di Malang Raya cukup tinggi. Sejak dibuka Februari lalu hingga sekarang, PT Jamsostek Cabang Malang mencatat 300 lebih peserta Jamsostek yang mengajukan rekomendasi permohonan program ini.

Kepala Jamsostek Malang, Ir Andrey J Tuamelly MBA mengatakan program PUMP-KB merupakan salah satu program dari Dana Peningkatan Kesejahteraan Peserta (DPKP) yang memberikan pinjaman sebagian uang muka kepada tenaga kerja peserta Jamsostek untuk pemenuhan kebutuhan perumahan melalui fasilitas dari perbankan. PUMP-KB yang diberikan kepada peserta ini maksimal sebesar Rp 20 juta dengan jangka waktu maksimal 10 tahun, serta tingkat suku bunga yang sangat ringan, yakni 3 persen yang diberlakukan flat pertahun.

“Untuk membantu tenaga kerja peserta Jamsostek dalam rangka pemilikan rumah melalui KPR perbankan, Jamsostek menggelar program ini. Di Malang sendiri sudah ada 300 lebih peserta yang mengajukan permohonan,” ujar Andrey pada Malang Post, beberapa waktu lalu. Dari 300 lebih peserta yang sudah mengajukan permohonan ini, 70 aplikasi telah direkomendasikan kepada bank, yakni BTN. Dibanding jumlah pemohon, aplikasi yang direkomendasikan ke BTN memang terbilang masih sedikit. Andrey mengaku, rendahnya prosentase aplikasi yang direkomendasikan kepada BTN ini akibat terkendala oleh beberapa data penunjang yang masih belum dipenuhi oleh peserta.

“Kendala ini tidak terjadi pada Jamsostek atau BTN, tetapi pada peserta sendiri. Ada beberapa data yang belum dipenuhi oleh peserta sehingga dari Jamsostek belum bisa merekomendasikan ke BTN,” sambungnya. Beberapa persyaratan administrasi yang wajib dipenuhi oleh pemohon antara lain adalah fotokopi KTP dan Kartu Peserta Jamsostek, surat keterangan perusahaan serta surat pernyataan peserta yang menyatakan bahwa dirinya belum memiliki rumah. Kelengkapan ini diserahkan kepada kantor cabang beserta formulir permohonan. Oleh Jamsostek, permohonan ini akan diverifikasi. Jika telah memenuhi persyaratan, maka akan dibuatkan surat rekomendasi ke bank penjamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar